Workshop VIII

Posted on Updated on

viii

Ringkasan Materi Workshop VIII :

  • Mungkin cuman para gitaris yang misahin rhythm dan melody. Kita sering dengar si anu yang maen gitar rhythm dan dan si anu yang maen gitar lead.
  • Pemaen piano mah kayanya nggak ada yang maen piano rhythm dan piano lead. Maen piano mah maen aja semuanya.
  • Ok ok aja kalo istilah itu cuma dipake untuk bedain posisi saat maen band. Tapi kalo untuk studi sih mendingan sikat aja semuanya. Rhythm iya, melody iya.
  • Thanx to Jimi Hendrix, batasan antara yang dibilang ‘rhythm guitar’ dan ‘lead guitar’ jadi rada kabur. Beliau mengiringi dengan akord dan melodi, bersamaan (or bergantian).
  • Para pemaen yang maen tradisional (jazz, blues, classical) biasanya nggak terlalu terpatok pada ‘maen ritem’ or ‘maen lead’. Mereka simpelnya mah ‘maen’. Udah gitu aja.
  • Kenapa bisa begono? Karena basically mereka prinsipnya sama aja, beda fungsi aja. Melodi menyesuaikan akord. Akord berasal dari scale.
  • Prinsip dasar pembentukan akord akan jauh lebih gampil kalo kita hafal mapping pada fretboard. CAGED system akan membuat fretboard jauh lebih gampang dihafalin. Cukup 5 form, beres semua mapping fretboard seluas 24 fret, tanpa gray area sama sekali.
  • Chord degree dituliskan dalam roman numerals, scale degree dituliskan dalam arabic. Contoh : vim7-iim9-V7#5-Imaj9 di C berarti Am7-Dm9-G7#5-Cmaj9
  • Extension umumnya berada diatas 1 oktaf, fungsinya biar nggak bikin rusuh bunyi dalam 1 oktaf. Prinsip ini bisa diabaikan kalo kita memang pengen akord nya berbunyi langsung bertabrakan.
  • Dasar dari Travis Picking adalah steady bass vs syncopation di treble (senar yang lebih tinggi). Doi bisa diterapkan secara universal di akord apapun (bukan hanya pada ‘folk voicings’ saja). Contoh pattern dasarnya udah dibahas pas workshop kemaren.
  • I Got Rhythm/The Flintstones blom sempet dibahas kemaren karena pertanyaan tentang konstruksi akord. Struktur form lagunya adalah AABA :
    • A section :
      ||Imaj7.vim7.|iim7.V7.|Imaj7.vim7.|iim7.V7.|
      |Imaj7.vim7.|iim7.V7.|Imaj7.vim7.|iim7.V7.|
    • B section :
      |III7…|III7…|VI7…|VI7…|
      |II7…|II7…|V7…|V7…|

    Impro nya, kita perlu studi lebih dalem tentang scale/modes/arpeggio, terutama tuk manuver naklukin B section.

  • Subject I Got Rhythm/The Flintstones dan kamuflase akord rencananya akan dibahas di workshop IX. Jangan sampe bangun kesiangan biar nggak ketinggalan.

Untuk info lengkap tentang Workshop IX, silakan cek https://www.facebook.com/events/254360014713516

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s