Workshop IX

Posted on Updated on

9

Ringkasan Materi Workshop IX :

  • Guthrie Govan adalah salah satu gitaris kelas berat dunia, yang paham sangat banyak hal tentang gitar, termasuk maen dari berbagai style secara otentik. Kalo ada kesempatan ikut Masterclassnya, usahakanlah tuk datang. Beliau bisa mengajarkan sangat banyak hal daripada sekedar bikin kita jago maen.
  • Jago maen blom tentu paham. Saat kita berangkat ke Masterclass beliau, sebaiknya misi kita adalah untuk lebih paham tentang gitar. Soal jago, burung beo juga jago ngomong.
  • Improvisasi yang nggak pernah salah pencet not itu sangat mungkin kita lakukan kalo kita punya informasi yang cukup. Coba pelajari CAGED System. BTW, CAGED System itu juga digunakan oleh Guthrie Govan himself.
  • Improvisasi itu bukan bermain scale/modes naik turun, secara random gimana jari. Tidak semua not dalam scale /modes itu fit pada akord yang sedang dibunyikan. Silakan coba bunyiin F (not ke 4 dari skala C mayor) saat akord C triad dibunyikan. Kita perlu penerapan in-context terhadap semua hal yang kita pelajari di teori musik.
  • Gitaris yang punya total control terhadap jarinya bisa ngebunyiin macem2 line, dan saat impro, kemungkinan jari2 nya akan bergerak tanpa pola yang itu2 saja. Para improviser beneran, bisa maen licks, tapi tidak terpaku pada licks tertentu saja.
  • Kenapa disebut improviser beneran? Karena ada juga improviser yang bluffing (Andreas Oberg bilang ‘Fake Improviser’). Impro tanpa ngerti konteksnya terhadap struktur lagu adalah bluffing.
  • Sebelum maen, ada baiknya kita melakukan warming up (mana ada atlet olimpiade bangun tidur langsung sprint 100m tanpa warming up?). Ada beberapa opsi tentang warming up dari yang digunakan di Berklee hingga yang dikembangkan secara personal oleh para artist. Yang dipilih oleh peserta workshop kemaren adalah dari 30 hours guitar workout nya Steve Vai (Guitar World) yang berjudul Angular Picking Exercise.
  • Ada 4 permutasi warming up Steve Vai disitu. Targetnya adalah independensi fretting hand dan koordinasi left-right dengan jalur string skipping hingga 2 senar, menggunakan alternate picking (versi aslinya make economy picking). Ini termasuk dalam latihan fingering yang berat (memang dipersiapkan tuk maenin lick akrobatik nya Steve Vai saat live).
  • Secara mengejutkan latihan ini bisa dikunyah dengan santai oleh salah seorang peserta, sementara beberapa peserta lain mlintir dan frustasi. Heheh, pelan2 dulu guys.. Yang bikin juga Steve Vai.
  • Materi ‘Kamuflase Akord : Inversi dan Slash Chords’ dan ‘Lagu : I Got Rhythm/The Flintstones’ belum sempet dibahas karena Paman Yosi lagi sakit. Kita doakan bersama agar beliau cepat pulih dan kembali musical lagi.
  • Saat Workshop disediakan beberapa ampli, bisa digunakan untuk 4 electric instruments. Tapi sayangnya saat ini hanya tersedia 1 gitar elektrik tuk peserta (1 lagi untuk Sensei). Silakan kalo mau bawa gitar sendiri biar bisa langsung nyobain tanpa gantian ngantri.

Untuk info lengkap tentang Workshop X, silakan cek : https://www.facebook.com/events/1380989228818472

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s