Workshop X

Posted on Updated on

10

Ringkasan Materi Workshop X :

  • Kemungkinan besar, mayoritas orang akan setuju kalo musisi adalah pekerjaan paling keren sedunia. walopun saat ini pekerjaan kita bukan musisi sekalipun, dalam suatu era umumnya kita minimal pernah demen musik banget, mungkin sampe nyoba latian maen instrument, nyoba bikin band, dll..
  • Menjadi musisi beneran adalah panggilan. Cara ngeceknya adalah dengan berhenti maen musik. Kalo nggak betah, berarti kita musisi.
  • Gara2 pemahaman yang nanggung dan metode latihan yang salah, banyak sekali pelajar otodidak pemula yang bingung terhadap modes.
  • Kalo kita berlatih modes dengan maen C Ionian, D Dorian, E Phrygian dst, itu cenderung useless. Kita nggak akan mengenal konteks penggunaan modes karena doi cuman scale yang sama diulang2 tanpa penekanan tertentu, kuping kita nggak akan nangkep essence tiap modes.
  • George Benson bilang itu jenis latihan ‘We Want Cantor’, “That’s boring.”
  • Tiap modes punya not utamanya. Para improviser beneran nggak akan menganggap tiap not dalam scale itu sama. Ada not2 fundamental, not2 hiasan, bahkan ada juga not yang musti diperlakukan dengan hati2.
  • Seberapa keren improviser akan lebih dinilai dari pilihan not nya daripada tekniknya. Semua teknik cenderung tidak berguna dalam impro kalo kita nggak ngerti konteks tiap not yang kita maenin terhadap harmony. Ini mirip nyetir mobil sports, tapi nggak tau jalur/rute nya.
  • Impro itu mirip maen Winning Eleven di PS : Kita nggak tau apa yang akan terjadi, tiap maen alur dan hasilnya beda2. Tapi aturan permainan tetap sama dan durasi tiap babaknya juga sama.
  • CAGED System (yaahh, lu lagi lu lagi..), jika dipahami secara menyeluruh akan memberikan mapping terhadap octaves disemua posisi. Dengan octaves, impro nggak akan boring, dan sangat mungkin tuk maen dengan durasi lama tanpa phrasing yang berulang, plus semuanya tetap in-context terhadap harmony.
  • Walking bass line itu sebenernya sama saja dengan maen melody yang fokus di low register, dengan rhythm utama menggunakan crochet (4th notes). Melody utama (mid-high register) umumnya dilatih menggunakan quaver (8th notes).
  • Formula dasar biar impro dan lines nggak pernah boring/ngulang udah disampaikan saat workshop kemaren. Ada beberapa set rules biar audience/musisi laen sama2 ngerti. Formula nya diambil dari Bach, dan explorasinya mungkin bisa dibahas sampai beberapa chapter. Formula dasar ini digunakan oleh semua improviser veteran.
  • Dengan perspektif yang tepat, ada banyak sekali yang bisa dipelajari dari classical music. Kalo kita pengen mengetahui core essence dari musik yang kita dengar tiap hari, kita bisa study musik dari era baroque. Dari situlah western harmony lahir.
  • Kalo kita nggak tau, silakan tanya ke guru kita. Kalo guru nggak mau jawab, minta penjelasan. Kalo guru nggak bisa jawab, cari guru lain. Semua guru punya batasan, kita tidak bisa belajar lebih dari yang guru tau.

Untuk info lengkap tentang Workshop XI, silakan cek : https://www.facebook.com/events/173129606230598

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s