Workshop XI

Posted on

11

Materi Workshop XI :

  • Kita semua maen gitar tuk have fun, maka rule no 1 dalam belajar gitar : Jangan latihan saat bosan. Kita nggak akan mendapatkan apapun saat bosan. Kita akan mendapatkan banyak hal dari latihan, hanya pada saat kita memang tertarik dengan subject nya.
  • Kita bisa redefine point diatas dengan subject tertentu : Kalo kita bosan maen metal or jazz, kita bisa latihan country style, or gypsy style.
  • Or teknik tertentu. Saat bosan maen scale/modes, coba fokus pada pentatonik or arpeggios.
  • Ada banyak subject yang menarik dari musik yang bisa kita pelajari. Berhubung kita nggak bisa nyikat semuanya sekaligus, kita bisa kunyah sepotong2. Hal ini bikin tiap gigitan selalu berisi materi yang berbeda, kemungkinan besar bikin kita nggak akan bosan tuk explore.
  • Semua hal dalam musik itu saling terhubung, kalo kita fokus mempelajari satu hal, seringkali sebenarnya kita telah explore sebagian teritori lain. Contoh tergampil adalah inversi akord dan hubungannya dengan bentuk fingering arpeggios. Kita hanya perlu perspektif yang tepat untuk bisa secara instant mengetahui koneksinya.
  • Yang baca tulisan ini kemungkinan besar menghabiskan lebih banyak waktu tuk latihan daripada manggung. Nice thing, tapi goal dari latihan tentu saja agar kita bisa berguna dalam society. Ada waktunya nanti kita merasa telah cukup explore dan lebih banyak action (ada banyak pelajaran juga yang didapat dari action).
  • Kalo kita takut maen salah, coba latihan manuver a la para politisi : bikin alibi.
  • Not yang salah, dari perspektif improviser, seringkali merupakan kesempatan untuk lebih terdengar kreatif, tasty dan dramatic, kalo kita bisa memperlakukannya dengan ok. Silakan pelajari konsep tension – release tuk info lebih lanjut.
  • Kita nggak bisa maen dengan bebas kalo kita secara langsung turut serta mengevaluasi bunyinya. Yang mengevaluasi bunyi itu adalah audience. Saat maen mah maen aja, berkreasi, dan nothing to lose.
  • Semakin beresiko (or susah) sebuah lagu (biasanya terkait langsung dengan harmony dan progresi akordnya), akan semakin rewarding dan fun untuk impro didalamnya. Mirip surfer yang naik ombak.
  • Impro adalah random notes. Latian impro bikin random notes kemungkinan besar berisi para good notes, or interesting lines.
  • Having fun adalah selalu prioritas no 1. Dunia nggak akan kiamat hanya gara2 orang maen not yang salah. Pokoke don wori bi hepi, sikat bleh.
  • Workshop XII akan membahas seni dari memainkan not yang salah. Kita akan sengaja melupakan semuanya, dan maen free, sekedar untuk mencoba melihat unsur fun nya (dan mencoba melihat ekspresi perubahan jadi terror saat diminta tuk selalu maenin not yang bener, heheh). Silakan kalo mau pada bawa gitar sendiri.

Untuk info lengkap tentang Workshop XII, silakan cek : https://www.facebook.com/events/272957629523042

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s