Melodic Minor & Altered Scale

Posted on Updated on

Playing-Sax

Q :

> Apa aja chord jamming tuk latihan melodic minor?

> Altered scale, altered chord dan penggunaanya?

A :

Ade Alfriyan, jawabanya digabung ya. Pada dasarnya akord yang kita kenal itu dibuat dari scale. Diatonik chords itu terbuat dari diatonic scale. Posting di Dojo Gitar dulu sempet membahas daftar akord yang digunakan tuk ‘memaksa’ improviser tuk maenin modes tertentu (diatonik), bisa disearch di blog or di scroll down di page Dojo Gitar. Prinsip yang sama juga bisa digunakan tuk ‘memaksa’ improviser maen melodic minor.

Dari skala melodic minor, dengan menggunakan tertian harmony (menumpukan 3rd intervals), kita mendapatkan daftar akord yang bisa digunakan untuk maen tiap modes dari nya :

* Immaj7 – Ionian b3
* IIsusb9 – Dorian b2 or Phrygian natural 6
* bIIImaj7#5 – Lydian #5
* IV7#11 – Lydian b7 or Mixolydian #4
* Immaj/V – Mixolydian b6
* VIm7b5 – Aeolian b5 (Ane kurang setuju sama Locrian #2)
* VII7alt – Locrian b4 (Altered Scale)

untuk latihan, umumnya sebagian besar orang akan menyarankan tuk maen progresi minor II – V – I (iim7b5 – V7alt – Immaj7). Mungkin saran ini memang benar, tapi cara memperlakukan not tiap akord sebenarnya berbeda dari latihan II – V – I di versi major.

II – V – I DI MAJOR ITU BERASAL DARI SKALA YANG SAMA, TAPI MINOR II – V – I ITU MASING2 AKORD BERASAL DARI SKALA YANG BERBEDA.

Adakah skala yang bisa dipake tuk maen di semua akord iim7b5 – V7alt – Immaj7? Sayangnya para improviser lebih demen bilang tidak ada. Kebanyakan buku teori menyebutkan bahwa skala Harmonic Minor bisa digunakan sepanjang progresi. Sayangnya kondisi dilapangan memperdengarkan fakta yang berbeda. Harmonic Minor tidak benar2 fit dalam tiap akord di minor II – V – I (terdapat avoid notes). Skala yang benar2 fit adalah :

* Dm7b5 – F Melodic Minor (Dm7b5 = VIm7b5)
* G7alt – Ab Melodic Minor (G7alt = VII7alt)
* Cmmaj7 – C Melodic Minor

BTW, seperti penjelasan diatas, altered chord biasanya digunakan sebagai V di progresi minor II – V – I, walopun sebenarnya kita juga bisa menggunakannya sebagai V untuk membuat II – V – I di major lebih tasty.

Semoga cukup jelas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s