Workshop XII

Posted on

12

Materi Workshop XII :

  • Gitaris elektrik, dari perspektif pemaen instrument yang lain, mungkin merupakan salah satu spesies musisi paling ribet.
  • Gitaris elektrik musti punya beberapa gitar elektrik dengan bunyi natural paling keren, kemudian musti make kabel paling keren, kemudian masih musti make berbagai macem efek untuk mengubah bunyi natural (paling keren) tadi (sebagian gitaris elektrik bahkan nggak akan bisa maen tanpa pedals), kemudian musti dibunyiin dengan ampli yang paling keren, dst..
  • Hampir semua pemaen biola, piano, saxophone, dll tidak pernah ribut tentang hal yang diributkan oleh pemaen gitar elektrik ini. Mereka jauh lebih mengerti tentang tekstur dan timbre natural dari instrumentnya masing2 dan explore lebih jauh pada sisi musicalnya, dan nggak terlalu bertele2 membahas sound manipulation hardware/software.
  • Gitar, pedals, ampli keren, mereka semua hanyalah tools. Make tools keren hanyalah bonus. Inti kerjaan pemaen musik adalah menghasilkan musik keren, jadi alat tidak jadi soal asal kita bisa bermusik dengan OK.
  • Ketika sebuah musik dinikmati, fokuslah pada essensi musik yaitu bunyi. Menilai musik hanya dari alatnya itu seperti menilai gedung hanya dari traktornya.
  • Banyak orang mengira dengan make alat keren otomatis permainannya bakal keren. Sayangnya, solusinya sebenernya bukan di alat, tapi the man behind the gun.
  • Ada baiknya bagi semua gitaris tuk memaksimalkan pengetahuan tentang gitar dan amplinya dulu sebelum membahas pedals2. Banyak variasi sound yang bisa kita dapatkan dari knob volume, tone, pickup selector (bukan cuman buat gaya2an maenin switch saat maen solo make high gain), pickup height, jarak picking hand terhadap bridge, sudut pick saat attack ke senar, dll.. Setelah ini paham, pedals bakal jadi bumbu yang gampang meresap tuk membuat sound jadi makin tasty.
  • Mungkin tidak akan ada orang yang akan menghina Alex Hutchings walo seandainya beliau make gitar kelas 3 dan pedal dangdut sekalipun. Apa yang dimaenin jauh lebih penting daripada alatnya.
  • Bagi temen2 yang baru punya alat minimalis, don’t give up. Banyak musik keren dihasilkan hanya dari alat2 minimal. Essensi lebih utama daripada sensasi.
  • Nah setelah punya alat yang cukup ok, supaya bisa impro yang pertama kita pelajari setelah akord dan CAGED System adalah arpeggio.
  • Ada beberapa jenis arpeggio (sama dengan jenis2 akord). Bagi para blueser + jazzer sebaiknya yang pertama dipelajari adalah arpeggio dominant. Dengan itu kita bisa langsung maen blues dan jamming bareng semua orang.
  • Materi Outside Playing dan Guide Notes blom sempet dibahas karena hampir sepanjang workshop kemaren fokus membahas arpeggio dominant di berbagai posisi CAGED saja. Rencananya materinya akan di bahas di Workshop XIII.
  • Kalo materi di Dojo Gitar dianggap terlalu berat (berdasarkan diskusi workshop dan posting di blog), mungkin karena Dojo Gitar memang menyediakan sebagian materi yang diajarkan di tingkat university. Don wori, beberapa murid reguler di Dojo Gitar juga ada yang masih super basic (jari ini kesini, jari itu kesitu). Tidak ada batasan tuk belajar n sharing di Dojo Gitar.
  • Kalo materi di Dojo Gitar dianggap terlalu gampil, don wori, ada beberapa subject setingkat materi post graduate yang segera available tuk para musicman. Misalnya, Baroque Improvisation rencananya available di Dojo Gitar pada sekitar bulan Maret 2014. Materi2 ini mungkin sekilas akan didemonstrasikan saat workshop dan di sample video youtube, dan mungkin juga ditulis di blog.
  • Semua kegiatan musical di Dojo Gitar (kelas reguler n workshop) akan ditiadakan selama bulan Januari 2014. Dojo Gitar rencananya akan kembali operasional awal Februari 2014.

Untuk info lengkap tentang Workshop XIII, silakan cek : https://www.facebook.com/events/243807619113287

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s