Secret Trick

Posted on

magic

Q : selamat malam mas,dalam hal ngulik ,senjata yg mas dito pakai apa saja?software apa mas?bagi2 dong mas,atau ada misalnya trik untuk mengeraskan suara bass atau suara lead atau rhytim aja

A : Halo Toni,

ketika awal memulai dan berkenalan dengan ngulik (transcribing) sekitar 10 taun yang lalu, ane seperti kebanyakan orang cuman make Winamp, lalu make plugin bernama Pacemaker. Doi berfungsi untuk membuat pelan playback audio, yang sangat berguna tuk ngulik fast lines, walo saat itu pitch nya masih kedengeran sedikit goyang.

Lalu beberapa taun lalu ane ketemu sama yang namanya Amazing Slow Downer, doi jauh lebih reliable tuk urusan ‘slow down-ing’ playback dengan pitch yang lebih stabil. Software ini sekarang masih terpasang di system ane walopun saat ini makin jarang digunakan. Thanx to theory, ane sekarang bisa berpeluang lebih sukses menebak lines tanpa bantuan software karena lebih paham fundamental harmony, dan konteks nya.

BTW, ane nggak terlalu tau cara untuk mengeraskan part tertentu saat musiknya udah di mix down, selain menggunakan EQ. Jadi kita terpaksa mendengar suara berbagai macam instrument yang tinggal di frekuensi tersebut.

Tuk mengeraskan suara bass, bisa coba boost low freq (or cut mid n high), tuk dengerin rhythm bisa coba pasang scooped EQ (or cut mid), kalo tuk dengerin lead bisa coba mid boost (or cut low n high). Ini adalah trik yang nampaknya semua orang udah tau.

Ane punya trick yang mungkin nggak semua orang tau, tapi ini tidak terlalu berkaitan dengan transcribing/ngulik secara langsung, lebih ke experimental n comping playing : menghapus suara band sehingga tinggal vocal (or lead) nya saja. Prinsip ini kebalikan backing track, dimana suara vocal/lead nya yang kosong, yang bisa kita isi untuk latihan soloing/improvisation. Berikut ini contoh sample nya :

Trick nya adalah menggunakan reverse phase tuk ngebersihin bunyi yang nggak kita inginkan dengan menggunakan 2 atau lebih track yang versi nya sama persis. Nanti rencananya kapan2 mau bikin sample begitu lagi.

Kesimpulannya, menurut ane senjata yang terbaik untuk ngulik (atau hal2 lain dalam hidup) adalah informasi atau ilmu, dan juga insting, sehingga kita nggak terlalu tergantung dengan hardware/software. Don wori, semua hal yang kita pelajari dalam musik adalah untuk menambah informasi dan melatih insting, hingga pada akhirnya semua orang akan bisa melakukannya dengan otomatis, kalo berlatih dengan benar😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s