Outside Playing

Posted on

Playing-outside
maen diluar rumah = maen diluar key center

Q : mas dito , aku mau mnta pnjlasan mslah bermain outside ni ?
trus gimana cara bermain outside dengan pentatonik , chromatik , passing not dan modes ?
Eee , 1 lg mas dito kalau ad sama sample video nya skalian . Hhe he
Trims .

A : Hoi Ihsan,

> Maen outside itu pada dasarnya sengaja maenin not (atau bisa juga akord) yang tidak berhubungan langsung dengan fungsi harmoni akord asli yang sedang dimaenin. Aturan umum dalam maen outside adalah :

* Saat akord yang berbunyi stabil, outside bisa dilakukan di sela2 strong beat, tapi tidak di strong beat.
* Saat akord berbunyi tension, outside bisa dilakukan dimanapun, termasuk disustain (panjang), kecuali interval maj7th (silakan coba sendiri sustain F# saat akord G7 dibunyikan, or A# saat Bm7b5 dibunyikan).

Nah, darimana kita tau bahwa suatu not tidak berhubungan langsung dengan akord yang sedang dimainkan? Berarti kita musti tau not yang berhubungan langsung dengan akord nya kan? Yoi meeen.

Semua orang yang bisa maen outside terlebih dahulu belajar bagaimana batasan2 tuk maen inside, setelah itu baru doi mencoba explore jalan2 outside diluar batas inside.

Not2 yang termasuk kelompok outside adalah not2 yang tidak berhubungan langsung dengan fungsi harmoni dari akord yang sedang dimainkan. Berarti dalam hal ini, orang yang bener2 bisa maen outside juga ngerti subject functional harmony (tidak ada istilah outside dalam non-functional harmony, karena doi termasuk modal playing or atonal).

Saat akord2 progresi berfungsi secara diatonik di key of C (misalnya progresi berisi akord C, Dm, Em, F, G, Am, Bdim), maka not outsidenya adalah C#, D#, F#, G#, A# or skala D# pentatonic minor. Semua akord yang mengandung 5 not ini juga termasuk kategori outside terhadap key of C.

> Maen outside dengan pentatonik bisa mulai dicoba dengan menyelipkan chromatic disela2 not pentatonik.

> Maen outside dengan chromatic bisa mulai dicoba dengan berhenti (sustain) di chord tones.

> Passing not adalah not yang berguna tuk ngoper (or assist, or umpan lambung) antar chord scales. Doi termasuk not outside yang menghubungkan 2 not inside disebelahnya. Biasanya dimainkan di weak beat dan subdivisinya. C# adalah passing note dari C ke D, dan sebaliknya.

> Maen outside dengan modes bisa mulai dicoba dengan menyelipkan chromatic disela2 not dalam modes.

> Ane sampe sekarang blom sempet bikin sample pidio instructional karena masih sibuk mampus studi banyak hal. Mungkin next time soon. Kalo udah ada nanti ta kabarin, stay tuned😉

Nah begitulah kira2, semoga cukup jelas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s