Ngulik

Posted on

conan
Detective Conan

Q : Jadi teori apa yg saya perlukan mas dito utk ngulik,atau ada referensi buku?

A : Semua teori yang berhubungan langsung dengan musik yang kita ulik akan sangat bermanfaat. Ngulik itu ibarat menyingkap misteri, dan teori yang berhubungan langsung dengannya itu ibarat petunjuk untuk memecahkan misteri itu. Makin banyak petunjuk, makin gampil mecahin suatu kasus. Musisi pas ngulik itu lebih mirip detektif daripada artist

Untuk rujukan buku nya, jawabannya kurang lebih sama aja. Semua buku yang berhubungan langsung dengan musik yang kita ulik akan sangat membantu, baik itu buku teknik, teori, maupun alat n sound, dll.

Secara umum yang paling membantu untuk ngulik adalah kombinasi ear training + teknik. Berikutnya adalah theory + teknik. Berikutnya lagi pemahaman alat + teknik. Bisa juga gabungan dari semua aspek + jam terbang.

Kenapa teknik selalu nongol? Karena walopun jika nguliknya hanya untuk transcription (buku or report or analisis), tetep aja kita diminta tuk bisa maenin apa yang kita ulik untuk membuktikan akurasi hipotesa kita.

Musisi veteran or yang paham teori itu mirip Sherlock Holmes (sementara yang kurang paham teori mirip Thomson & Thompson). Umumnya, makin ngerti teori, makin gampil problem solving saat ngulik.

Jadi, silakan kumpulkan semua informasi dari berbagai sumber, the more, the better. Selamat jadi detektif..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s