Music Performance

Posted on

performance

Q : Permisi maz.. slmt sore..ini saya mau sharing dikit tentang brmain musik….kalo aq lihat pmain musik..contoh aja gitaris gitu…dia kq bisa bermain musik dgn sangat tenang dan emosi yg akurat…shngga main musiknya enak buat dinikmati…itu cara latihannya gmana ya mz..agar emosi bermain stabil…gtu aj dulu y maz..trims

A : Silakan2.. Selamat siang.

BTW, ini kayanya bukan sharing (berbagi) dah, tapi kayanya lebih mirip pertanyaan (question).

Anyway, bermaen musik dengan asik (kalo ‘tenang’ ane malah bayangin orang lagi meditasi), itu bisa karena beberapa faktor dan kombinasi2nya, diantaranya :

1. Tau materinya, paham luar dalem harmony nya, nggak sekedar nyontek tablatur.
2. Menguasai semua teknik, tempo n rhythm pattern tuk eksekusi lagu nya.
3. Ngerti pesan lagu n bisa emulasi emosi sesuai aransemen.
4. Jam terbang.
5. Mabok (not recommended). Entah drugs or alcohol.
6. Dll..

Seseorang yang paham materi lagu luar dalem itu bisa manuver on spot nggak harus sama persis dengan versi originalnya, sangat berguna ketika musti ngapalin banyak lagu pop dalam waktu singkat. Dengan menguasai struktur, progresi harmony dan key-nya, seseorang bisa langsung maen lagu apapun tanpa harus sama persis dengan versi aslinya, karena yang spesifik perlu latihan biasanya aransemen-nya.

Berikut ini adalah contoh yang rada extreme, ketika seseorang yang ngakunya penggemar musik metal tapi kebanyakan dengerin musik jazz :

Cara latihan biar maen asik adalah menguasai sebanyak mungkin aspek diatas dan aspek2 pemahaman lainnya tentang music performance, tapi bukan point no 5 yak. Mabok memang bikin orang lebih lepas berekspresi, tapi bisa terlalu lepas sampe out of control dalam semua hal. Ini bisa bahaya, terutama kalo kita sampe ngomel2 nyebut SBY or Ruhut pas di panggung..

Sebagian subject yang musti dipelajari dari music performance adalah tentang mental state. Ini mungkin subject yang resource nya terbatas, nggak melimpah seperti subject harmony n technique. Sebagian besar orang learning by doing, n orang2 punya approachnya masing2. Saran ane sih tambah jam terbang, sering2 maen, n selalu menggali lebih dalem detil dari sound yang kita hasilkan. Revisi selalu technique, tempo n groove.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s